Untuk Pasien COVID-19 yang Isolasi Mandiri, Jangan Anggap Remeh Hal Ini

Untuk Pasien COVID-19 yang Isolasi Mandiri, Jangan Anggap Remeh Hal Ini
Ilustrasi Covid-19. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Semua pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri wajib berkonsultasi dengan dokter atau tenaga medis.

Pesan itu disampaikan dr Muhammad Yusuf Ginanjar untuk semua pasien Covid-19 yang isolasi mandiri atau isoman isoman, baik yang bergejala atau tidak, agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat dari tenaga medis.

Setidaknya, kata dr Yusuf, pasien yang isoman dipantau oleh petugas puskesmas setempat agar bisa dilihat perkembangannya apakah ada perbaikan atau justru mengalami penurunan.

"Sehingga apabila terjadi penurunan bisa langsung berkonsultasi apakah sebaiknya dibawa ke rumah sakit atau tidak," ucap dr Yusuf, Rabu (14/7).

Dokter dari RSUD R. Syamsudin Sukabumi itu juga mewanti-wanti pasien Covid-19 yang menjalani isoman khususnya bergejala tidak boleh langsung mengonsumsi obat atau vitamin yang daftarnya tersebar di media sosial tanpa konsultasi dokter.

Konsultasi itu diperlukan untuk menyesuaikan kebutuhan obat- obatan yang dikonsumsi oleh pasien selama menjalani isoman.

Sementara itu, bagi pasien yang memiliki komorbid dan masuk ke dalam kelompok rentan seperti ibu hamil, orang lanjut usia, dan anak- anak juga diwajibkan untuk melakukan konsultasi.

Konsultasi itu penting agar pasien mendapatkan penanganan isoman dan obat- obatan yang disesuaikan dengan tubuh atau penyakit bawaannya.

Dokter Muhammad Yusuf Ginanjar sampaikan pesan penting untuk semua pasien Covid-19 yang isolasi mandiri, simak!

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News