Usai Debat, Prabowo-Hatta Ungguli Jokowi-JK Disurvei IRC

Usai Debat, Prabowo-Hatta Ungguli Jokowi-JK Disurvei IRC
Usai Debat, Prabowo-Hatta Ungguli Jokowi-JK Disurvei IRC

jpnn.com - JAKARTA - Debat calon presiden kembali membawa efek potisit bagi pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo Subianto-Hatta Rajasa. Hal ini terlihat dari survei terbaru Indonesia Research Centre (IRC) yang dirilis di kawasan Sabang, Jakarta Pusat, Senin (30/6).

Dalam survei yang dilakukan pada 14-20 Juni 2014 itu, pasangan nomor urut 1 unggul tipis dibanding pasangan nomor urut 2, Joko Widodo-Jusuf Kalla. Prabowo-Hatta meraih elektabilitas 47,5 persen dan Jokowi-JK 43 persen.

"Debat capres berpengaruh pada elektabilitas kedua calon, terlebih pada pasangan nomor urut 1," ujar Manajer IRC Yunita Mandolang dalam pemaparan hasil surveinya.

Dalam survei ini responden baru disuhuii dua kali debat capres/cawapres. Ke depan, Yunita memprediksi debat capres yang tersisa akan berpengaruh pada responden dalam menentukan pilihannya, terutama kalangan menengah ke atas karena disurvei ini ada 10 persen yang belum menentukan pilihan.

"Jumlah ini akan sangat mempengaruhi hasil akhir pilpres, mengingat selisih suara keduanya saat ini masih tipis," terangnya.

Survei ini melibatkan 1.200 responden di seluruh provinsi di Indonesia dengan menggunakan teknik acak bertingkat (multistage random sampling) dan wawancara tatap muka secara langsung. Margin of error 2,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. (Fat/jpnn)


JAKARTA - Debat calon presiden kembali membawa efek potisit bagi pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News