Usut Pemicu Kerusuhan Pekerja di Morowali Utara, Kemnaker Periksa PT GNI

Usut Pemicu Kerusuhan Pekerja di Morowali Utara, Kemnaker Periksa PT GNI
Direktur Jenderal Binwasnaker dan K3 Kemnaker Haiyani Rumondang. Foto: Dokumentasi Humas Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mulai mengumpulkan data ke PT Gunbuster Nickel Industry (GNI) di Morowali Utara, Sulawesi Tengah, terkait kejadian bentrok pekerja.

Pemeriksaan yang dilakukan tim Pengawas Ketenagakerjaan dan Mediator Hubungan Industrial itu bertujuan mendapatkan informasi secara mendalam terkait pemicu terjadinya kerusuhan pekerja di PT GNI beberapa waktu lalu.

"Tim dari Kementerian Ketenagakerjaan melakukan pemeriksaan ke PT GNI untuk memperoleh informasi yang sebenar-benarnya yang menjadi pemicu terjadinya kerusuhan, khususnya yang terkait dengan ketenagakerjaan," kata Dirjen Binwasnaker dan K3, Haiyani Rumondang, Rabu (18/1).

Baca Juga:

Dirjen Haiyani menyampaikan tim dari Kemnaker berkoordinasi dengan jajaran Disnaker Kabupaten Morowali Utara, Disnaker Kabupaten Morowali, dan Disnaker Provinsi Sulawesi Tengah sebagai upaya memperoleh informasi tersebut.

Setelah itu, tim mengadakan rapat dengan jajaran manajemen perusahaan untuk meminta penjelasan tentang permasalahan ketenagakerjaan yang berkembang di media yang menjadi tuntutan serikat pekerja.

Informasi yang berkembang tersebut, antara lain tentang tuntutan penerapan prosedur K3 di perusahaan, memberikan APD lengkap kepada pekerja.

Kemudian peraturan perusahaan, kejelasan pemotongan upah, PKWT untuk pekerjaan yang bersifat tetap, mempekerjakan anggota serikat pekerja yang diputus kontraknya.

Selain itu juga terkait tuntutan memasang sirkulasi udara di setiap gudang atau smelter, dan memperjelas hak-hak pekerja yang sudah meninggal akhir tahun lalu.

Kemnaker melakukan pemeriksaan ke PT GNI untuk mendapatkan informasi secara mendalam terkait pemicu terjadinya kerusuhan pekerja di Morowali Utara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News