Waduh, Yusril Batal Jadi Pengacara RJ Lino..Kenapa nih?

Waduh, Yusril Batal Jadi Pengacara RJ Lino..Kenapa nih?
Yusril Ihza Mahendra. Foto : dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Pernyataan mengejutkan datang dari pengacara kondang sekaligus owner Ihza-Ihza Law Firm, Yusril Ihza Mahendra. ia menyatakan batal membela mantan Direktur Utama PT Pelindo II RJ LIno yang dijerat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai tersangka pengadaan mobile quay container crane (QQC) tahun 2010.

Alasan Yusril mundur sebagai pembela Lino tidak lain karena keberatasan masalah pembiayaan penanganan perkara yang dibebankan kepada perusahaan pelat merah tersebut. "Dengan keberatan ini, maka ihza-ihza law firm tidak akan melanjutkan penanganan perkara RJ Lino, apalagi surat kuasa dan kontrak kerjasama penangangan perkara belum ditandatangani," kata Yusril melalui siaran persnya, Rabu (23/12).

Yusril tidak membantah bahwa ada pembicaraan lisan antara RJ Lino dengan Ihza-Ihza Law Firm. Namun pihaknya menyatakan keberatan jika biaya penanganan terhadap perkara ini dibebankan kepada perusahaan. 

"Masalah ini bagi kami menjadi kontroversi sebab pernyataan sebagai tersangka kepada RJ Lino adalah atas nama pribadi, bukan dalam jabatannya sebagai dirut Pelindo II. Apalagi dalam perkembangannya nanti, mungkin beliau diberhentikan dari jabatannya. Hal ini akan menjadi kontroversi kalau biaya penanganan perkara dibebankan kepada perusahaan," jelasnya.

Dia menambahkan, kantor pengacaranya ingin menangani perkara secara profesional dan hati-hati, serta menjunjung tinggi peraturan perundang-undangan yang berlaku. Menurutnya, memang ada Peraturan Menteri BUMN zaman Dr Sofyan Jalil yang membolehkan pembebanan biaya kepada perusahaan. Akan tetapi ada beberapa peraturan yang tidak singkron sehingga berpotensi menimbulkan polemik berkepanjangan.

"Jadi kami mundur bukan karena tingginya muatan politik kasus ini. Muatan politik seperti itu adalah biasa dalam menangani perkara dan tantangan bagi advokat profesional," pungkasnya.(fat/jpnn)


JAKARTA - Pernyataan mengejutkan datang dari pengacara kondang sekaligus owner Ihza-Ihza Law Firm, Yusril Ihza Mahendra. ia menyatakan batal membela


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News