Wasit Asing Harus Berlisensi FIFA

Wasit Asing Harus Berlisensi FIFA
Ilustrasi sepak bola. Foto: AFP

jpnn.com, JAKARTA - Penggunaan wasit asing di kompetisi Liga 1 2017 akan mulai diterapkan oleh operator kompetisi, PT Liga Indonesia Baru pada 4 Agustus mendatang, atau di putaran kedua. Bagaimana profil wasit asing tersebut?

COO PT LIB Tigor Shalom Boboy menjelaskan, wasit yang ditugaskan nantinya bukan sembarang wasit asing. Pihaknya melalui PSSI telah memohon untuk menjalin komunikasi dengan dua konfederasi guna mendapatkan wasit asing berlisensi FIFA.

"Kami sudah komunikasi, sudah mengajukan profilnya tentu saja kami minta wasit lisensi FIFA, asalnya nanti dari Eropa dan Asia,” katanya, saat ditemui di kantor PT LIB, Selasa (18/7) malam.

Saat disinggung mengenai asal negara sang wasit asing, Tigor belum bisa memberikan jawaban karena saat ini, surat permohonan kepada konfederasi sepak bola Asia, AFC dan konfederasi sepak bola Eropa, UEFA.

"Negaranya belum masih nunggu dari konfederasi UEFA dan AFC bagaimana," terangnya.

Tigor memastikan tak akan mengulang seperti yang sudah-sudah mengenai kredibilitas, lisensi, dan usia wasit yang akan didatangkan.

"Kami pastikan ini wasit masih usia produktif, lisensinya pun belum kedaluwarsa. Kami tidak mau yang sudah lewat atau bekas wasit FIFA," tuturnya.

Untuk wasit yang direkrut, nantinya hanya wasit tengah lapangan. Sementara, untuk asisten wasit atau wasit pinggir lapangan, tetap menggunakan talenta lokal.(dkk/jpnn)


Penggunaan wasit asing di kompetisi Liga 1 2017 akan mulai diterapkan oleh operator kompetisi, PT Liga Indonesia Baru pada 4 Agustus mendatang, atau


Redaktur & Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News