Wulan Guritno Buktikan Punya Ijazah Asli

Wulan Guritno Buktikan Punya Ijazah Asli
Wulan Guritno menunjukkan ijazah dari Italian Conti Academi of Theatre Art Ltd, London.
JAKARTA – Wulan Guritno bisa menerima kenyataan bahwa dirinya batal menjadi calon anggota legislatif dari Partai Amanat Nasional (PAN). Namun, janda satu anak itu tidak terima jika dikatakan ijazahnya palsu.

Wulan menegaskan, dirinya benar pernah menempuh pendidikan dan lulus dari Italian Conti Academy of Theatre Art Ltd, London, Inggris. Namun, saat diminta ijazah aslinya oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai salah satu syarat wajib, itu tidak dapat dipenuhi.

Sebenarnya, kata Wulan, ijazah tersebut sudah dikeluarkan sekolahnya sejak Juli 2008 dan diambil langsung ibu kandungnya. Namun, ijazah itu tidak bisa buru-buru diserahkan, terlebih harus melewati berbagai proses. ”Belum lagi harus ke dinas pendidikan di sini,” ujarnya saat jumpa pers di Takigawa, Panglima Polim, Jakarta, Senin (1/12).

Awalnya, Wulan merasa yakin bahwa surat keterangan lulus saja sudah cukup mewakili. Namun, KPU tidak bisa menerima itu hingga batas waktu habis pada 31 Oktober 2008. Akhirnya, Wulan dinyatakan tidak bisa ikut. ”Yang pasti, saya kesal dan nggak rela dituduh pakai ijazah palsu dalam pencalonan saya sebagai caleg,” ujar perempuan kelahiran London, 14 April 1980 itu.

Meski awalnya ragu, mantan istri Atilla Syach itu akhirnya yakin dan sangat bersemangat menjadi salah seorang di antara sekian banyak artis yang bersaing menjadi calon anggota DPR.

Ibunda Shalloom itu bahkan mendapatkan nomor jadi dari PAN di daerah pemilihan Jawa Tengah III; Grobogan, Blora, Rembang, dan Pati. ”Mungkin Tuhan belum mengizinkan saya menjadi caleg. Ini belum rezeki saya,” ujarnya.

Lima tahun lagi, saat dibuka pendaftaran baru untuk anggota legislatif berikutnya, Wulan mengaku belum tentu semangat seperti sekarang. ”Pertanyaan itu sulit dijawab. Kalau ada kesempatan lagi, saya akan pikirkan matang-matang,” tutur perempuan yang sempat kursus ilmu politik selama tiga bulan itu. (gen/tia)

JAKARTA – Wulan Guritno bisa menerima kenyataan bahwa dirinya batal menjadi calon anggota legislatif dari Partai Amanat Nasional (PAN). Namun,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News