Ada Yang Sedang Resah Karena Popularitas Panglima TNI

Ada Yang Sedang Resah Karena Popularitas Panglima TNI
Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo. Foto: Puspen TNI

jpnn.com, JAKARTA - Permintaan agar Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo segera diganti menuai sorotan banyak kalangan.

Pernyataan itu berawal dari anggota DPR RI Komisi I Fraksi PDIP Charles Honoris yang mendesak agar Presiden Joko Widodo segera mengganti Panglima TNI.

Menurut Inisiator Garuda Nusantara Center Andrianto, permintaan itu seperti menunjukan bentuk ketakutan karena Gatot dinilai dekat dengan kalangan Islam.

"Kalau sebagai sebuah usulan sah-sah saja, tapi jika mendesak Presiden sepertinya ada agenda tertentu," kata Andrianto di Jakarta pada Sabtu (18/11).

Dia menambahkan, untuk pergantian Panglima TNI ada mekanismeny. Hal tersebut merupakan kewenangan penuh Presiden Jokowi.

Dalam hal ini, Andrianto melihat ada ketakutan terhadap Gatot yang selama ini menjadikan TNI profesional serta dekat dengan kalangan Islam.

"Misalnya waktu aksi 212, dengan peci putihnya Gatot mampu mengatasi massa dan Gatot melekat dengan Jenderal santri, tentu ini tidak menyenangkan bagi kalangan tertentu" imbuhnya.

Dia juga menduga desakan agar Panglima TNI segera diganti karena tidak menguntungkan PDIP.

Permintaan pergantian Panglima TNI menuai protes

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News