Anak Buah Komjen Budi Waseso Somasi Komnas HAM

Anak Buah Komjen Budi Waseso Somasi Komnas HAM
Kabareskrim Polri, Komjen Budi Waseso. Fotto: Dokumen JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri melayangkan somasi kepada Komisi Nasional Hak Asasi Manusia pada 8 Februari 2015 lalu. Surat somasi nomor 2016/YA-FY/PND-HAM/Bareskrim/SMS/II/15 ditujukan kepada Ketua Komnas HAM Hafid Abbas.

Somasi terkait Komnas HAM dan rekan-rekan menyimpulkan bahwa ada dugaan kriminalisasi KPK yang merupakan tindakan penyalahgunaan kekuasaan Polri dalam penangkapan Bambang Widjojanto.

Kabag Penum Polri Kombes Rikwanto menjelaskan penyidik melancarkan somasi karena merasa Komnas HAM membeberkan informasi penangkapan BW merupakan bentuk kriminalisasi. Padahal, kata dia, proses hukum terhadap Wakil Ketua KPK nonaktif itu sudah sesuai prosedur yang berlaku.

Namun, lanjut Rikwanto, sejak somasi itu dilayangkan belum ada jawaban dari Komnas HAM. Menurut dia, Komnas HAM belum meminta maaf seperti tuntutan dalam somasi tersebut.

"Sampai saat ini belum," tegas Rikwanto di Mabes Polri, Senin (9/3).

Dijelaskan Rikwanto, Kepala Bareskrim Komjen Budi Waseso tidak ikut-ikutan dalam somasi tersebut. Dia menegaskan, somasi itu dilayangkan oleh penyidik Dittipideksus bukan Kabareskrim Polri.

"Somasi itu murni antara penyidik Dittipideksus dengan Komnas HAM," kata Rikwanto.(boy/jpnn)

 

JAKARTA - Penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri melayangkan somasi kepada Komisi Nasional Hak Asasi Manusia pada 8


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News