Bermasalah, Ribuan TKI Lampung Dipulangkan

Bermasalah, Ribuan TKI Lampung Dipulangkan
Bermasalah, Ribuan TKI Lampung Dipulangkan
BANDARLAMPUNG – Kepala Pusat Penelitian dan Informasi (Kapuslitfo) BNP2TKI, Benyamin Suryoprayogo menyebutkan dalam kurun waktu tiga tahun, sedikitnya 5.811 TKI asal Lampung dipulangkan karena terbelit berbagai masalah. Artinya, dalam estimasi sedikitnya lima TKI asal Lampung bermasalah setiap harinya dipulangkan lewat Gedung Pendataan Kepulangan (GPK) Selapajang, Tangerang, Banten.

"Masalahnya banyak. Antara lain, adanya persoalan PHK (pemutusan hubungan kerja) hingga gaji tak dibayar. Kalau untuk perseorangan mungkin kecil persentasenya. Sekitar 1 persen. Seperti menggunakan visa umrah bekerja di sana," kata Benyamin di Bandarlampung.

Ditambahkan, data dari BNP2TKI menggambarkan pada tahun 2008 jumlah TKI Lampung yang pulang karena bermasalah mencapai 1.765 orang. Pada 2009, angka tersebut mengalami penurunan, yakni menjadi 1.611 orang. Namun pada tahun 2010, jumlah itu kembali naik menjadi 2.435 orang.

Kondisi itu menempatkan Lampung berada di peringkat 6 untuk 10 provinsi terbesar dalam penempatan TKI di sektor penata laksana rumah tangga di luar negeri pada 2010. Total terdapat 98.896 TKI Lampung yang terdata pihak BNP2TKI. Jumlah tersebut lebih tinggi dari Provinsi Sumatera Utara dan lebih rendah dari Provinsi Banten.

BANDARLAMPUNG – Kepala Pusat Penelitian dan Informasi (Kapuslitfo) BNP2TKI, Benyamin Suryoprayogo menyebutkan dalam kurun waktu tiga tahun,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News