JPNN.com

Calhaj Wanita Single pun Dites Kehamilan

Selasa, 13 September 2011 – 09:04 WIB Calhaj Wanita Single pun Dites Kehamilan - JPNN.com
SERANG – Tahun ini, calon haji (calhaj) wanita yang belum menikah alias single pun dites kehamilan. Pasalnya, tahun lalu, ditemukan kasus adanya wanita yang belum menikah tetapi hamil saat akan menunaikan ibadah haji.

Hal itu disampaikan Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Serang Muhammad Ikbal. “Kalau tahun lalu yang diperiksa kehamilan hanya pasangan suami istri usia subur. Tetapi, tahun ini, wanita usia subur, walaupun belum menikah juga akan dites kehamilan,” ujar Ikbal disela-sela tes kesehatan calhaj di kantor Dinkes Kota Serang, Senin 912/9).

Ikbal mengatakan, kejadian yang ditemukan di Jakarta tahun lalu itu disebabkan calhaj tersebut ingin menebus dosa-dosanya. Karena itu, pihaknya tidak menginginkan adanya kejadian tersebut di Kota Serang. Seperti diketahui, calhaj yang sedang hamil harus ditunda keberangkatannya.

Selain hamil, calhaj yang keberangkatannya harus ditunda juga yakni calhaj yang mmemiliki penyakit yang tidak bisa terkontrol, seperti gangguan jiwa, penyakit jantung, dan stroke. Aapabila ditemukan calhaj yang memiliki penyakit-penyakit tersebut, maka Dinkes akan membuatkan rekomendasi untuk penundaan di buku haji milik masing-masing.

“Yang akan diperiksa antara lain, kesehatan fisik, kesehatan penunjang, kepala, dada, dan sebagainya,” urai Ikbal. Untuk pemeriksaan itu, sesuai dengan Perda Nomor 10 Tahun 2009 tentang Retribusi Daerah, calhaj dikenakan biaya Rp 40 ribu, sebagai retribusi pemeriksaan tahap lanjutan.

Selain penundaan, Dinkes pun membuat tiga jenis rekomendasi lainnya, yakni mandiri, pengawasan, dan observasi. Calhaj dinyatakan mandiri apabila tidak ditemukan adanya penyakit dalam tubunya alias sehat. Sedangkan rekomendasi pengawasan, calhaj yang bersangkutan dapat berangkat, tetapi dengan bantuan alat dan obat. “Sementara, rekomendasi observasi, calhaj dapat berangkat dengan bantuan obat,” terangnya.

Hingga saat ini, belum dapat diketahui, berapa jumlah calhaj asal Kota Serang yang ditunda keberangkatannya. Pasalnya, pemeriksaan kesehatan lanjutan itu baru selesai besok. Tes kesehatan ini dilaksanakan selama tiga hari sejak kemarin hingga besok, mulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB. Untuk data sementara, jumlah calhaj yang dites kesehatannya yakni sebanyak 756 orang. Jumlah itu dibagi untuk tiga hari, kemarin jumlah calhaj yang diperiksa yakni 235 orang.

Kata Ikbal, sebelum pemeriksaan lanjutan, para calhaj juga diperiksa kesehatannya pada tahap pertama di puskesmas dekat dengan tempat tinggalnya masing-masing. Bedanya, dalam pemeriksaan tahap lanjutan ini, para calhaj diberikan vaksin manginitis. (nna)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...