Del Toro Kandidat Kuat Sutradara Terbaik

Del Toro Kandidat Kuat Sutradara Terbaik
Piala Oscar. Foto: CNN

jpnn.com - Satu per satu kandidat peraih Oscar dapat dipetakan. Trofi Sutradara Terbaik, tampaknya, akan jatuh ke tangan Guillermo del Toro.

Sineas drama fantasi The Shape of Water itu meraih gelar tertinggi pada Directors Guild of America (DGA Awards) yang digelar di The Beverly Hilton, Beverly Hills, Sabtu malam (kemarin WIB).

”Kita berada dalam masa-masa yang sulit. Kadang untuk bicara soal monster, kita membutuhkan monster,” kata Del Toro, merujuk film besutannya.

”Cara terbaik untuk menunjukkan kerinduan, penyembuhan, kebutuhan akan inklusivitas, memilih untuk mencintai makhluk lain alih-alih menyakiti mereka adalah bagian dari fabel. Aku butuh fabel untuk menyampaikan itu,” lanjutnya, sebagaimana dikutip Entertainment Weekly.

DGA sering menjadi acuan untuk memprediksi peraih Sutradara Terbaik The Oscars. Sebab, anggotanya merupakan orang-orang terbaik dalam bidang film directing.

Ada sutradara dan asisten sutradara, manajer produksi, manajer panggung, associate director, dan tim terkait. Penilaian mereka tentu lebih sahih daripada anggota Academy yang terdiri atas bermacam profesi.

Statistik pun mendukung Del Toro. Dalam 20 penyelenggaraan terakhir, peraih gelar DGA hampir selalu meraih Oscar. Termasuk pemenang tahun lalu, sutradara La La Land Damien Chazelle.

Dari 20 tahun terakhir itu, hanya tiga kali terjadi anomali. Yakni, Ang Lee (Crouching Tiger, Hidden Dragon, 2001), Rob Marshall (Chicago, 2003), dan Ben Affleck (Argo, 2013). (adn/c6/na)


Satu per satu kandidat peraih Oscar dapat dipetakan. Trofi Sutradara Terbaik, tampaknya, akan jatuh ke tangan Guillermo del Toro.


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News