Senin, 19 November 2018 – 18:16 WIB

Dukung PT Terapkan PJJ, UT Kembangkan Smart Campus

Rabu, 12 September 2018 – 18:45 WIB
Dukung PT Terapkan PJJ, UT Kembangkan Smart Campus - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Permintaan Menristekdikti Mohamad Nasir agar perguruan tinggi (PT) melakukan kerja sama salah satunya dengan Universitas Terbuka (UT) dalam penerapan pendidikan jarak jauh (PJJ), langsung disikapi dengan penyediaan infrastruktur.

Menurut Wakil Rektor I UT Mohamad Yunus, sebagai perguruan tinggi negeri (PTN) terlama dan paling besar jumlah mahasiswanya, UT harus menyapkan diri agar bisa memberikan support bagi perguruan tinggi lainnya dalam mengadakan pembelajaran jarak jauh. Ujung-ujungnya untuk kemajuan pendidikan di Indonesia.

"Ini Pak Rektor sedang merencanakan dan mulai melakukan akselerasi pengembangan UT, salah satunya infrastruktur. Mulai dari penataan dan perluasan infrastruktur, pengelolaan manajemen pusat dan daerah. Kami mengembangkannya melalui smart campus," terang Yunus di Kampus UT, Rabu (12/9).

Dengan smart campus, lanjutnya, mahasiswa selain yang online, komunitas online dibesarkan dalam pembelajaran e-learning. Bagi mereka yang tidak punya akses, akan diusahakan agar mereka bisa selalu online.

"Fasilitas ini gratis bagi mereka dan akan ada kampus kecil agar mereka bisa berinteraksi. Sehingga pada akhirnya e-learning hanya modus saja, tetapi e learning ataupun tidak kompetensi mahasiswanya akan sama saja pada akhirnya. Yang berbeda hanya cara layanannya," bebernya.

Dia menambahkan Menristekdikti meminta UT menjadi cyber university yang lebih dari sekarang. Artinya universitas yang memanfaatkan berbagai kemajuan teknologi digital berbasis teknologi informasi dalam layanan pembelajaran bagi mahasiswa dan manajemen. Usaha tersebut diterapkan di semua lini.

Mulai dari sistem pembelajaran, kurikulum, pelayanan, fasilitas, maupun sarana dan prasarana lainnya. itu semua dikembangkan dengan berbasis teknologi.

"Sebenarnya UT sudah lama melakukan e-learning dan lainnya. Tetapi nomenklatur yang disampaikan Menristekdikti membuat kami tersentak dan harus bergerak untuk lebih dari sekarang. Misalnya, ada mahasiswa yang semuanya online, mulai dari registrasi sampai ujian pun online. Ini kami juga sudah menerapkan ujian tanpa pengawas - yang mengawasi elektronik -, perangkat digital bahkan harus ujian di rumah," paparnya.

Lebih lanjut dikatakan Yunus, sejak awal semua layanan UT adalah pembelajaran jarak jauh. Itulah kenapa ditunjuk UT, supaya bisa memanfaatkan semua teknologi digital untuk pembelajaran.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar