General Motors Resmi Bangkrut

General Motors Resmi Bangkrut
Foto : AP
NEW YORK - Roda perusahaan otomotif Amerika (AS) General Motors (GM) akhirnya berhenti berputar. Setelah menggelinding lebih dari 100 tahun, produsen mobil terbesar kedua di dunia itu menyatakan diri bangkrut. Senin pagi waktu AS (tadi malam waktu Indonesia), ikon industri AS tersebut mendaftarkan proteksi kepailitan yang lazim disebut Chapter 11 di pengadilan New York.

     

"Ini memang menyakitkan. Tapi, itulah opsi terbaik dari sejumlah pilihan yang ada," tutur Senator Michigan Carl Levin seperti dikutip AP. "Ini adalah sejarah, lahirnya kembali General Motors," imbuhnya. Sebelumnya, GM selalu selamat ketika  menghadapi sejumlah rintangan. Berdiri sejak 1908, GM berhasil melewati Perang Dunia I, depresi besar, dan Perang Dunia II. Tapi, GM akhirnya runtuh setelah dihantam krisis finansial global.

   

Kebangkrutan GM itu peristiwa terbesar keempat dalam sejarah perekonomian AS. Tapi, dalam industri manufaktur, kebangkrutan GM adalah yang paling besar dan paling kompleks. Saat ini, GM terlilit utang USD 172,81 miliar (sekitar Rp 1.728 triliun) dengan total aset USD 82,29 miliar (sekitar Rp 820 triliun).

     

Dengan menggunakan Chapter 11, perusahaan yang bangkrut dapat melakukan restrukturisasi tanpa khawatir asetnya disita kreditor dan pemasok. Perusahaan pun memperoleh kesempatan mendapatkan pinjaman baru. Dalam skema yang disusun Presiden Barack Obama, Pemerintah AS bakal menyuntikkan dana segar USD 30 miliar untuk operasi. Jumlah itu tidak termasuk USD 20 miliar yang dikucurkan sejak awal tahun ini.

     

NEW YORK - Roda perusahaan otomotif Amerika (AS) General Motors (GM) akhirnya berhenti berputar. Setelah menggelinding lebih dari 100 tahun, produsen

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News