Guru Lulus PG Ajukan 6 Tuntutan Rekrutmen PPPK 2023, Baru 1 Dipenuhi Panselnas

Guru Lulus PG Ajukan 6 Tuntutan Rekrutmen PPPK 2023, Baru 1 Dipenuhi Panselnas
Perwakilan guru lulus passing grade saat beraudiensi ke Kemendikbudristek pada 31 Mei 2023. Foto dok. FGHNLPSI for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Guru lulus PG mendesak pemerintah untuk memprioritaskan mereka dalam seleksi PPPK 2023.

Wajar saja, sebab mereka merupakan prioritas satu (P1) sesuai PermenPAN-RB Nomor 20 Tahun 2022 tentang Pengadaan PPPK Guru 2022.

Ketum Forum Guru Honorer Negeri Lulus Passing Grade Seluruh Indonesia (FGHNLPSI) Heti Kustrianingsih permohonan terkait persoalan jaminan formasi bagi guru P1. 

"Kami sudah menyimak video Mendikbudristek Nadiem Makarim saat memperingati  HUT PGRI dan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2022 bahwa jika pemda pada Maret 2023 tidak mengajukan formasi sesuai kebutuhan, maka pemerintah pusat akan melengkapi formasi tersebut," tutur Heti kepada JPNN.com, Jumat (2/6).

Oleh karena itu para guru lulus PG yang tergabung dalam FGHNLPSI menyampaikan enam tuntutan kepada Panselnas terdiri dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebagai berikut:

1. Memberikan kebijakan kembali untuk membuka e-formasi atau memperpanjang waktu usulan e-formasi untuk daerah yang masih ingin mengajukan kembali kuota formasi.

2. Tempatkan dan berikan SK PPPK kepada guru P1 yang masih tersisa sejumlah  65.860 tahun 2022 secara nasional baru dilanjutkan ke prioritas berikutnya sesuai yang diamanatkan PermenPAN-RB 20/2022.

3. e-Formasi (kuota) secara global yang diajukan pemerintah kabupaten/kota, diharapakan dapat disikapi pemerintah pusat  agar dioptimalkan untuk formasi guru P1.

Guru lulus PG ajukan 6 tuntutan rekrutmen PPPK 2023, baru satu yang dipenuhi Panselnas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News