Ini 5 Fakta Menarik Terkait Kemenangan Albania Atas Rumania

Ini 5 Fakta Menarik Terkait Kemenangan Albania Atas Rumania
Para pemain Albania merayakan kemenangan atas Rumania. FOTO: AFP

jpnn.com - LYON - Albania menorehkan sejarah besar setelah mengalahkan Rumania 1-0, Senin (20/6) dini hari WIB. Kemenangan tersebut merupakan yang pertama di putaran final Euro karena baru pertama kali ini Albania melangkah ke putaran final Euro. 

Pelbagai fakta menarik muncul usai kemenangan tersebut. Apa sajakah? Berikut penjelasannya: 

- Pencetak gol kemenangan Albania atas Rumania, Armando Sadiku, adalah top skorer FC Zurich musim lalu. Pelatih Zurich, Sami Hyypia, mendukung Sadiku dibawa ke Euro 2016. 

- Kemenangan 1-0 atas Rumania adalah momen terbesar kedua setelah mereka menang 3-1 atas Rusia di Kualifikasi Euro 2004 beberapa tahun silam. Kala itu, Albania dilatih arsitek asal Jerman, Hans-Peter Briegel. 

- Ini merupakan kemenangan pertama Albania atas Rumania sejak 1948. Albania menunggu hingga 68 tahun untuk kembali menang atas Rumania. 

- Gianni De Biasi adalah pelatih pertama yang meloloskan Albania ke putaran final Euro. Dia juga pelatih pertama yang memberikan kemenangan bagi Albania di ajang ini. De Biasi adalah orang Italia, tapi kemudian mendapat kehormatan menjadi warga negara Albania karena dianggap sebagai pahlawan.

- Sebagai orang Italia, De Biasi mengutamakan pertahanan tangguh. Menariknya, tulang punggung lini pertahanan Albania dipercayakan kepada pemain yang merumput di Serie-A yakni kiper Erit Berisha (Lazio), bek Elseid Hysaj (Napoli), dan Lorik Cana yang pernah memperkuat Lazio. Kini, Cana bergabung bersama Nantes. (epr/JPNN)


LYON - Albania menorehkan sejarah besar setelah mengalahkan Rumania 1-0, Senin (20/6) dini hari WIB. Kemenangan tersebut merupakan yang pertama di


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News