Ini Cara agar Pelaku UMKM bisa Tembus Pasar Global

Ini Cara agar Pelaku UMKM bisa Tembus Pasar Global
UMKM e-commerce. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Perdagangan berkolaborasi dengan Goorita dan ARISE+ Indonesia mendorong para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) agar bisa menembus pasar global dengan memanfaatkan platform digital melaui ekosistem e-commerce.

Sinergi Kementerian Perdagangan dengan Goorita dan ARISE+ Indonesia kali ini diwujudkan dengan menggelar webinar‘Connect Business to Global Ecommerce Ecosystem di Bandung, Jawa Barat baru-baru ini.

Hadir sebagai narasumber Analis Perdagangan Ahli Madya Ditjen PEN Singgih Sugiyanto, Senior Trade Facilitation Expert ARISE+ Indonesia James Lenaghan, Chief Commercial Officer Goorita Ardian Prawirayudha, dan perwakilan dari Direktorat Standardisasi dan Pengendalian Mutu Kemendag Indy Caesara.

“Webinar ini merupakan tindak lanjut dari hasil penelitian Kemendag dan ARISE+ Indonesia mengenai niaga-el global. Kemendag akan menyebarluaskan hasil penelitian dengan ARISE+ Indonesia secara berkelanjutan kepada pelaku UMKM," ujar Analis Perdagangan Ahli Madya Ditjen PEN Singgih Sugiyanto.

Menurutnya, Kemendag juga secara langsung akan berkolaborasi dengan platform digital yaitu Goorita agar hasil kajian tersebut dapat langsung diterapkan secara nyata.

Ini Cara agar Pelaku UMKM bisa Tembus Pasar Global

Singgih mengatakan Goorita merupakan salah satu e-commerce enabler (perusahaan yang menyediakan layanan strategi digital) yang mendukung UMKM untuk dapat bersaing dan memasarkan produknya ke pasar global.

“Dengan menggandeng Goorita sebagai platform terpadu satu pintu (one stop service), diharapkan dapat mendorong pelaku UMKM lainnya untuk mengembangkan ekspor melalui e-commerce ecosystem,” ungkapnya.

Kemendag juga secara langsung akan berkolaborasi dengan platform digital untuk membantu para pelaku UMKM.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News