Jero Ngaku Dicecar Soal Komisi Pengawas SKK Migas

Jero Ngaku Dicecar Soal Komisi Pengawas SKK Migas
Jero Ngaku Dicecar Soal Komisi Pengawas SKK Migas

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik menjalani pemeriksaan sekitar 8 jam di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ia mengaku dicecar 41 pertanyaan oleh lembaga antikorupsi itu.

"Saudara-saudara saya baru saja selesai menyampaikan keterangan kepada penyidik KPK untuk kasus RR (Rudi Rubiandini) dan Deviardi, ada 41 item pertanyaan termasuk riwayat hidup," kata Jero di KPK, Jakarta, Senin (2/12).

Selain mengenai data pribadi, Jero ditanyakan mengenai tugas Komisi Pengawas SKK Migas. Ia menjelaskan bahwa tugas Komisi Pengawas adalah melakukan pengawasan program-program strategis tentang SKK Migas,

"Misalnya kalau pengajuan rencana kerja dan anggaran tahunan, SKK Migas harus mendapat persetujuan dari Komisi Pengawas. Kemudian kalau pengangkatan atau pergantian pimpinan SKK Migas di luar ketuanya itu juga harus mendapat persetujuan Komisi Pengawas," ujar Jero.

Sementara itu soal tender dan operasional, Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat ini menyatakan, hal itu merupakan kewenangan penuh Kepala SKK Migas.

Seperti diketahui, Rudi ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap pengurusan kegiatan di Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi bersama pelatih golfnya, Deviardi alias Ardi dan Komisaris PT Kernel Oil Pte Ltd Simon Gunawan Tanjaya.

Rudi dan Ardi diduga menerima uang USD 900 ribu dan SGD 200 ribu dari Direktur PT Kernel Oil Pte Ltd Singapura, Widodo Ratanachaitong melalui Simon demi memenangkan lelang Fossus Energy Ltd di SKK Migas. (gil/jpnn)

JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik menjalani pemeriksaan sekitar 8 jam di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ia mengaku


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News