Jumlah TKI Bermasalah Turun

Jumlah TKI Bermasalah Turun
Jumlah TKI Bermasalah Turun
JAKARTA--Jumlah kasus TKI bermasalah semakin menyusut. Seiring dengan meningkatnya jumlah TKI formal, angka persoalan yang menimpa para pahlawan devisa itu bisa semakin ditekan.

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Muhaimin Iskandar, mengatakan program pengetatan dalam penempatan TKI ke luar negeri yang dilakukan dalam 2 tahun terakhir ini berhasil menurunkan jumlah kasus TKI sebesar 48 persen.

Pada tahun  2010, menurutnya,  jumlah TKI bermasalah mencapai 60.399 orang sementara tahun 2011 berkurang menjadi 44.432 orang. Penurunan terjadi lagi sebesar 48 persen atau menjadi 31.528 orang pada 2012.

Program Pengetatan ini menurutnya dilakukan untuk memperbaiki sistem dan mekanisme penempatan  dan perlindungan TKI secara keseluruhan. Di dalam negeri dilakukan dengan cara membenahi proses keberangkatan termasuk di antaranya pemeriksaan kelengkapan dokumen dan kesiapan mental dan fisik pada calon TKI yang hendak bekerja ke luar negeri.

JAKARTA--Jumlah kasus TKI bermasalah semakin menyusut. Seiring dengan meningkatnya jumlah TKI formal, angka persoalan yang menimpa para pahlawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News