Kader Demokrat Curiga Politisasi Unas Demi Jokowi

Kader Demokrat Curiga Politisasi Unas Demi Jokowi
Kader Demokrat Curiga Politisasi Unas Demi Jokowi

jpnn.com - JAKARTA - Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Jefrison Riwu Kore mendesak agar masuknya nama Joko Widodo alias Jokowi dalam soal ujian nasional Bahasa Indonesia diselidiki secara serius. Wakil rakyat di komisi pendidikan DPR itu menganggap masuknya nama Jokowi dalam soal unas jelas tidak patut secara etika.

Menurut Jefri, unas seharusnya untuk meningkatkan mutu pendidikan bukan ajang politisasi. Karena itu, Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) harus membongkar motif di balik munculnya nama Jokowi dalam soal unas Bahasan Indonesia.

"Pendidikan anak kita jangan dimasuki isu politik. Saya tahu itu masalah teknis, kan harus ada investigasi dulu. Apa ini pendukung Pak Jokowi, atau memang mereka punya niat lain. Kami juga akan mempertanyakan," kata Jefrison kepada wartawan, Selasa (15/4).

Dia juga berharap ada sanksi bagi para pembuat naskah soal unas yang mencantumkan nama Jokowi, serta menggali latar belakangnya. Yang tidak kalah penting, kata Jefrison, ke depan harus ada kontrol dari pemerintah terhadap penyelenggaraan unas  yang juga melibatkan perguruan tinggi (PT).

"Ini satu kelemahan pemerintah dalam kontrol terhadap soal ujian. Jangan ada niat orang tertentu untuk mempolitisir anak-anak. Tidak boleh (unas) ditunggangi kampanye terselebung dari pihak tertentu dan ini tanggung jawab pemerintah," tandas Jefrison.(fat/jpnn)


JAKARTA - Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Jefrison Riwu Kore mendesak agar masuknya nama Joko Widodo alias Jokowi dalam soal


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News