Menikmati Shisha di Nobar

Catatan Dani Nur Subagiyo, Johannesburg

Menikmati Shisha di Nobar
SHISHA - Pengunjung acara nonton bareng di Greenstone Mall di Edenvale, Johannesburg, sedangasyik menghisap shisha. Foto: Dani Nur Subagyo/Jawa Pos.
TIDAK ada laga babak 16 besar Piala Dunia 2010 yang dihelat di Johannesburg Selasa lalu (29/6). Paraguay versus Jepang dimainkan di Pretoria, sedangkan Spanyol kontra Portugal di Cape Town. Berhubung saya berada di Johannesburg, dua laga itu akhirnya saya nikmati melalui acara nonton bareng alias nobar.

Namanya nobar, rasanya tidak lengkap datang ke acara sendirian. Bersama empat wartawan Indonesia lainnya, saya dan rombongan akhirnya sepakat memilih nobar di Greenstone Mall (GM). GM merupakan sebuah mal yang berlokasi di Edenvale, yakni sebuah kawasan di timur Johannesburg. GM tergolong mal baru alias baru dua tahun berdiri.

Tidak heran apabila bangunannya masih lumayan bersih dan toiletnya kinclong. Perbedaan lain GM dibandingkan mal lain di Johannesburg adalah tersedianya fasilitas berupa mobil golf di areal parkir. Mobil golf itu bertugas menggantarkan pengunjung mal dari areal parkir ke pintu masuk. Karena fungsinya, mobil golf itu dibuat dengan empat buah dudukan (berkapasitas sampai enam orang, Red).

GM sekaligus memiliki banyak areal terbuka. Nah, areal terbuka itulah yang dijadikan ajang nobar. Satu layar raksasa diletakkan di panggung. Tersedia beberapa meja dan kursi tinggi di depan panggung. Bagi yang tidak kebagian kursi, bisa berleyeh-leyeh di rumput sintetis atau mau tidak mau berdiri. Di dekat rumput sintetis itu ada mainan trampolin maupun perahu pelampung yang bisa digunakan untuk mengisi waktu sebelum kickoff. Tapi, trampolin dan perahu pelampung itu tidak banyak diminati pengunjung nobar.

TIDAK ada laga babak 16 besar Piala Dunia 2010 yang dihelat di Johannesburg Selasa lalu (29/6). Paraguay versus Jepang dimainkan di Pretoria, sedangkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News