Menlu Retno Ungkap Suasana Pertemuan Jokowi dengan Siti Aisyah

Menlu Retno Ungkap Suasana Pertemuan Jokowi dengan Siti Aisyah
Presiden Jokowi didampingi Menlu Retno Marsudi, memberikan keterangan pers usai bertemu Siti Aisyah di Istana Merdeka, Selasa (12/3). Foto: M Fathra Nazrul Islam

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Luar Negeri Retno P Marsudi menggambarkan suasana pertemuan antara Presiden Joko Widodo alias Jokowi, dengan Siti Aisyah sekeluarga di Istana Merdeka, Selasa (12/3).

Aisyah merupakan warga negara Indonesia yang sempat menyandang status terdakwa membunuh Kim Jong Nam, kakak tiri Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un di Malaysia. Kini dia sudah bebas.

Dijelaskan Retno, pertemuan dengan presiden atas permintaan dari keluarga Aisyah untuk menyampaikan terima kasih secara langsung kepada Jokowi.

"Bapak dan Siti Aisyah berkali-kali, ibunya, kakaknya, bahasanya tadi beribu-ribu nuhun, terima kasih kepada Bapak Presiden yang sejak awal kasus ini muncul terus melakukan pendampingan," ucap Retno usai mendampingi presiden.

Pendampingan yang diberikan pemerintah kepada Aisyah mulai proses hukumnya, hingga kekonsuleran selama di Malaysia. Dalam pertemuan itu, Jokowi juga menjelaskan mengenai proses hukum yang sudah lama ikuti secara terus menerus.

"Alhamdulilah dari semua proses hukum yang kita lakukan berujung pada keputusan yang teman-teman sudah ketahui semua bahwa Siti Aisyah dapat bebas dan dipulangkan kembali ke Indonesia," tuturnya.

Retno menambahkan, dalam mendampingi proses hukum Aisyah, banyak pihak terlibat. Baik itu Kementerian Hukum dan HAM, Kejaksaan Agung, Polri, BIN, hingga Kementerian Luar Negeri.

"Jadi sekali lagi bahwa ini adalah proses hukum yang sudah cukup lama, sudah dua tahun 24 hari by today. Sudah lama. Dan Alhamdulilah berakhir dengan baik," tandasnya.(fat/jpnn)

Menteri Luar Negeri Retno P Marsudi menggambarkan suasana pertemuan antara Presiden Joko Widodo alias Jokowi, dengan Siti Aisyah sekeluarga di Istana Merdeka, Selasa (12/3).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News