OKP Dukung Pemerintah Tingkatkan Jumlah Pengusaha Milenial

OKP Dukung Pemerintah Tingkatkan Jumlah Pengusaha Milenial
Ketua KEIN Soetrisno Bachir dalam Dialog Ekonomi Umat: Tantangan Berwirausaha di Era Industri 4.0 yang diselenggarakan Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah (PWPM) Sumatera Selatan di Palembang, Sabtu (30/3). Foto: Istimewa

jpnn.com, PALEMBANG - Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) Soetrisno Bachir mengajak organisasi kepemudaan (OKP) menumbuhkan semangat entrepreneurship di kalangan pemuda. Ajakan ini bertujuan meningkatkan jumlah pengusaha mencapai minimal 5 persen dari populasi penduduk.

“Pada umumnya ormas kepemudaan berkecimpung di bidang sosial, keagamaan, dan politik. Kali ini saya mengajak seluruh OKP di Indonesia meningkatkan semangat entrepreneurship di kalangan anggotanya,” kata Soetrisno Bachir dalam Dialog Ekonomi Umat: Tantangan Berwirausaha di Era Industri 4.0 yang diselenggarakan Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah (PWPM) Sumatera Selatan di Palembang, Sabtu (30/3).

Soetrisno mengatakan, jumlah OKP mencapai ratusan organisasi dengan puluhan juta anggota yang berusia produktif, yaitu antara 15 - 40 tahun. Mereka fokus pada pemberdayaan pemuda di bidang pelajar dan mahasiswa, kepemudaan, keagamaan, dan nasional. Ini merupakan potensi yang perlu ditingkatkan pemberdayaannya melalui agenda program kewirausahaan dari masing-masing organisasi kepemudaan tersebut.

Baca juga: Soetrisno Bachir : Jokowi Peduli UMK

Program kerja kewirausahaan di kalangan OKP dapat disinergikan dengan program kerja kewirausahaan di kementerian / lembaga (K/L) dan BUMN (Badan Usaha Milik Negara). Dengan begitu, sinergi ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat kewirausahaan di kalangan pemuda sehingga akan lahir pengusaha-pengusaha baru di masa depan.

“Keyakinan saya, anak-anak muda sekarang sudah makin cerdas karena pendidikannya makin baik. Tinggal diasah mental entrepreneurship-nya akan menjadi pengusaha andal,” kata Soetrisno.

Baca juga: Soetrisno Ajak Warga Muhammadiyah Pahami Makro Ekonomi Sebelum Pilih Capres

Dia mengingatkan agar para pemuda yang tergabung dalam OKP mampu menciptakan industri ekstraktif, nonekstraktif, dan fasilitatif. Sebab industri mampu membuka banyak lapangan kerja dan penciptaan produk barang dan jasa yang bernilai tambah.

Ketua KEIN Soetrisno Bachir mengajak organisasi kepemudaan (OKP) menumbuhkan semangat entrepreneurship di kalangan pemuda.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News