Pembangunan Makassar New Port Sudah 57 Persen

Pembangunan Makassar New Port Sudah 57 Persen
Pelindo IV. Foto IST

jpnn.com, JAKARTA - Progres konstruksi fisik pembangunan Makassar New Port (MNP) kini telah mencapai 58,26 persen.
Terdiri dari, progress di Tahap I A mencapai 57,99 persen, Tahap I B 62,34 persen dan Tahap I C 39,30 persen.

Direktur Fasilitas dan Peralatan Pelabuhan Pelindo IV, Farid Padang optimistis pembangunan MNP akan rampung sesuai target yang telah dipatok, yakni Oktober 2018.

Farid menyebutkan, saat ini untuk paket A sedang dilakukan reklamasi untuk dermaga, fabrikasi tulangan struktur secant pile dan bore pile dermaga dan pekerjaan secant pile dan bore pile.

Untuk Paket B, pekerjaan yang dilakukan yaitu reklamasi area container yard, pekerjaan soil replacement area causeway, pekerjaan revetment dan pengecoran saluran precast.

“Sedangkan di paket C sedang dilakukan produksi core 1-5 kg, produksi underlayer 5-10 kg, pemasangan core breakwater (1-5 kg) dan pemasangan toe protection breakwater (100 – 160 kg)," jelasnya.

Kepala Satuan Pengelola Proyek MNP, Arwin menambahkan pembangunan MNP terbagi dalam beberapa tahapan utama, di mana untuk Tahap I terdiri dari tiga paket pengerjaan yakni paket A, B dan C.

“Secara terperinci, pengerjaan paket A meliputi pembangunan akses jalan, dermaga dan lapangan penumpukan petikemas yang akan memiliki kapasitas terpasang mencapai 1,5 juta twenty-foot equivalent unit (TEUs),” urainya.

Sementara itu, kegiatan untuk paket B mencakup reklamasi seluas kurang lebih 13 hektare, causeway kurang lebih 1.276 meter, lapangan peti kemas sekitar lebih 16 hektare dan pengerukan kolam pelabuhan 16,0 mean low water springs (mLWS).

Sedangkan kegiatan untuk paket C berupa pembangunan breakwater sepanjang 1.310 meter.(chi/jpnn)


Makassar New Port ditargetkan rampung pada Oktober 2018. Karena itu Pelindo IV terus mengebut pengerjaan proyek MNP.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News