Pendaftaran Bakal Capres 4 Agustus, Siapa Penantang Jokowi?

Pendaftaran Bakal Capres 4 Agustus, Siapa Penantang Jokowi?
Dari kiri: Anies Baswedan, Ketum Gerindra Prabowo Subianto, Presiden PKS Sohibul Iman, Sandiaga Uno. Foto: dok JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Pendaftaran bakal capres dan cawapres untuk Pilpres 2019 akan dibuka 4 Agustus 2018. Namun, baru Jokowi yang dipastikan akan maju sebagai capres.

Nama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang disebut-sebut sebagai calon penantang kuat Jokowi ternyata belum pasti. Sebab, sejumlah parpol masih memunculkan figur lain.

Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) M. Sohibul Iman menilai penentuan figur capres-cawapres bisa muncul pada saat-saat akhir masa pendaftaran. Sebab, sejumlah partai di luar pendukung Jokowi masih hilir mudik melakukan komunikasi.

Dia lantas menyebut petinggi Partai Demokrat yang masih melakukan pendekatan ke Prabowo. Namun, dia menyebut komunikasi serupa tidak hanya dengan Partai Gerindra.

”Sebelum dengan Gerindra sudah ke PKS dulu. Kami sering komunikasi, gak perlu gembar gembor. Kan sudah seperti saudara,” kata Sohibul di kantor DPP PKS, Senin (9/7).

Menurut Sohibul, siapapun capres-cawapres yang dimunculkan, merupakan proses positif. Nantinya, rakyat bisa memiliki lebih banyak pilihan. ”Alternatif apapun sangat bagus. Karena kalau Pak Jokowi saat ini nilainya 7, kami ingin cari yang nilai 8,” kata Sohibul.

Dia menyebut, komunikasi Partai Demokrat saat ini tentu menambah alternatif figur capres-cawapres dalam koalisi PKS dengan Gerindra. Dengan jumlah partai yang lebih banyak, tentunya ada aspirasi yang tidak tertampung.

BACA JUGA: Ulama Minta 4 Parpol Bersatu Mengalahkan Jokowi

Hingga saat ini belum jelas siapa yang akan menjadi penantang Jokowi di Pilpres 2019, yang masa pendaftaran bakal capres – cawapres dibuka 4 Agustus.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News