Pendamping Jokowi di Pilpres Mulai Bermunculan

Pendamping Jokowi di Pilpres Mulai Bermunculan
Pendamping Jokowi di Pilpres Mulai Bermunculan

jpnn.com - JAKARTA - Mayoritas kader daerah PDI Perjuangan mengusulkan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi sebagai calon presiden (capres) dari partai berlogo banteng moncong putih tersebut. Usulan itu disampaikan pada saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III PDIP yang berlangsung pada tanggal 6-8 September 2013 lalu.

Kini muncul wacana ada enam calon wakil presiden untuk mendampingi Jokowi. Dari internal ada Ketua Fraksi PDIP DPR RI Puan Maharani, Kepala Ruang Situasi PDIP Prananda Prabowo, dan Wakil Ketua DPR Pramono Anung.

Sedangkan dari luar PDIP adalah Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto, anggota Dewan Pembina Partai Demokrat Pramono Edhie Wibowo, dan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD.

Politisi PDIP Hendrawan Supratikno menyatakan, enam cawapres itu baru sekedar wacana yang diutarakan dalam ajang Rakernas III PDIP. "Banyak DPC dan DPD menyampaikan pandangan dan masukan," kata Hendrawan kepada wartawan, Jumat (13/9).

Namun demikian, Hendrawan menjelaskan, keputusan diserahkan kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sesuai dengan keputusan Rakernas. "Keputusan dari ketua umum," katanya.

Sementara itu Wakil Sekretaris Jenderal PDIP Eriko Sotarduga mengatakan, dalam Rakernas hanya ada usulan-usulan capres bukan cawapres. Usulan yang datang dari DPC dan DPD PDIP tersebut merupakan sesuatu yang wajar. "Mereka kan memang tugasnya menyampaikan aspirasi masyarakat," kata Eriko. (gil/jpnn)


JAKARTA - Mayoritas kader daerah PDI Perjuangan mengusulkan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi sebagai calon presiden (capres) dari partai


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News