Penyelundup Shabu Dituntut 19 Tahun Penjara

Penyelundup Shabu Dituntut 19 Tahun Penjara
Penyelundup Shabu Dituntut 19 Tahun Penjara
TANGERANG-Tiga warga negara (WN) Iran yang mencoba menyelundupkan 800 gram sabu-sabu (SS) dituntut masing-masing 19 tahun penjara di Pengadilan Negeri (PN) Tangerang, Rabu (23/6) kemarin. Selain itu, ketiga terdakwa juga didenda Rp 3 miliar. Ketiga terdakwa adalah Muhamad Reza Nezafat, 24; Mahnaz Sadar Kaheh, 34, dan Shazdeh Moradiojagh, 30. 

    

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Riyadi dalam amar tuntutannya dihadapan ketua majelis hakim, Ibnu Basuki Widodo, menyatakan ketiganya terbukti secara sah melakukan tindak pidana mengimpor narkotika golongan 1. ”Karena terbukti bersalah melanggar pasal 113 ayat (2) UU RI No 35 tahun 2009 tentang psikotropika,” terang Riyadi.

     

Sebelum  menuntut para terdakwa, kata Riyadi juga, ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan. Seperti yang memberatkan perbuatan para terdakwa bertentangan dengan progam pemerintah RI yang sedang giat-giatnya memerangi dan memberantas narkotika dan perbuatan terdakwa dilakukan secara lintas negara. Sedangkan yang meringankan para terdakwa sopan selama persidangan dan belum pernah di hukum.

Riyadi juga menjelaskan terungkapnya kasus ini bermula  saat ketiganya ke tanah air dengan pesawat Malaysia Airlines (MH 721) rute Malaysia-Jakarta pada 19 Oktober 2009 pukul 15.45. Ketiganya tiba di Terminal Kedatangan 2 D, Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) dan langsung dibekuk petugas Bea dan Cukai Bandara Soetta.

   

TANGERANG-Tiga warga negara (WN) Iran yang mencoba menyelundupkan 800 gram sabu-sabu (SS) dituntut masing-masing 19 tahun penjara di Pengadilan Negeri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News