Perbandingan Mesin 1.5L Turbo di Honda Accord Baru dan CR-V

Perbandingan Mesin 1.5L Turbo di Honda Accord Baru dan CR-V
Honda Accord 2019. Foto: Dedi Sofian/JPNN.com

jpnn.com, BANDUNG - Project Leader of Honda Accord, Honda RnD, Yasuhiro Nakano mengatakan, Honda Accord maupun CR-V memang memiliki basis mesin yang sama. Namun, dia menyebut Accord model years (MY) 2019 memiliki torsi yang lebih besar dibandingkan SUV tersebut.

"Memang basis mesinnya sama dengan CR-V karena satu spesifikasi (mesin 1.5-liter turbo). Kemudian kode mesin juga sama, tapi Accord punya torsi yang besar dibanding CR-V," ujar Nakano di sela acara media test drive Honda Accord 2019 di Bandung, Jawa Barat, Rabu (24/7).

Nakano menjelaskan, sedan premium tersebut memang diracik sedemikian rupa dengan responsifitas lebih baik. Sambung Nakano, putaran bawah menjadi fokus utama Accord dalam target peningkatan.

BACA JUGA: Honda Accord 2019 Tidak Dianjurkan Menggunakan BBM di Bawah RON 90

"Ada yang beda dari Accord terbaru dan CR-V yaitu bagian turbonya, di mana pengaturan sistem exhaust manifold kami bedakan. Tetapi kalau exhaust manifold Civic dan CR-V sama. Jadi kemampuan itu yang kami ditingkatkan" tegas dia.

Jika melihat data spesifikasi, Honda Accord dengan mesin bensin 1.500 cc VTEC turbo, mampu menghasilkan tenaga puncak mencapai 187,4 Hp dan torsi 260 Nm. Sementara Honda CR-V memiliki kemampuan memproduksi tenaga 187,4 Hp dan torsi 240 Nm, lebih rendah 20 Nm dari Accord.

Nakano menyebutkan, Accord 2019 benar-benar ditanamkan mesin baru Honda Global dan ini tidak menutup kemungkinan basis mesin ini bakal disematkan juga ke beberapa model

"Karena ini engine baru, kemungkinan juga akan diaplikasikan ke Civic atau CR-V, tapi sekarang ini Accord yang pertama kali," tegas dia. (mg9/jpnn)


Project Leader of Honda Accord, Honda RnD, Yasuhiro Nakano mengatakan, Honda Accord baru maupun CR-V memang memiliki basis mesin yang sama. Namun, dia menyebut Accord model years (MY) 2019 memiliki torsi yang lebih besar dibandingkan SUV tersebut.


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News