PLTU Kanci Segera Beroperasi

PLTU Kanci Segera Beroperasi
PLTU Kanci Segera Beroperasi
CIREBON- Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Kanci akan segera menjalani fase uji coba pada Juli mendatang. Sedangkan untuk beroperasi secara rutin, Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), Dahlan Iskan, memperkirakan Oktober PLTU yang berada di Kecamatan Astanajapura itu sudah efektif beroperasi dan menyokong pasokan listrik untuk sistem Jawa-Bali. "Nggak (mendadak) cuma waktunya baru ini. Sudah lama pingin kesini, cuma waktunya baru sekarang," ujar Dahlan, saat ditemui di PLTU Kanci.

Dari hasil pengamatannya, Dahlan mengatakan, untuk pekerjaan-pekerjaan utama saat ini sudah selesai. Pekerjaan yang tersisa sekarang tinggal hal-hal kecil tetapi cukup rumit pengerjaannya dan membutuhkan waktu yang cukup lama. "Ibarat rumah itu bangunannya udah jadi tinggal interiornya itu. Pekerjaan ini masih agak lama karena menyangkut yang rumit-rumit," katanya.

Menurutnya, paling lambat akhir Oktober 2011 PLTU Kanci akan beroperasi secara efektif. Sedangkan proses uji coba akan dimulai sejak Juli. Karena PLTU ini adalah proyek besar, sehingga uji coba-nya pun memakan waktu yang cukup lama. "Uji Coba-nya mungkin agak lama," ucapnya.

Dengan beroperasinya PLTU Kanci, PT PLN akan menghemat bahan bakar minyak dalam skala yang cukup besar. Karena PLTU Kanci menggunakan batu bara yang dapat membangkitkan daya sebesar 660 Mega Watt dan akan tersambung dengan sistem Jawa Bali. Khusus untuk Cirebon, keberadaan PLTU Kanci akan sangat berdampak baik sebab selama ini Cirebon dan sekitarnya bergantung pada sistem Jawa Bali, sehingga ketika sistem tersebut bermasalah maka ikut terkena dampaknya. "Ini baik karena selama ini Cirebon itu tergantung pada sistem Jawa Bali to, ini nanti nggak tergantung itu lagi," tutur Dahlan.

CIREBON- Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Kanci akan segera menjalani fase uji coba pada Juli mendatang. Sedangkan untuk beroperasi secara rutin,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News