Politikus PKB Ungkap Penyebab Pelayanan Haji Tak Efektif

Politikus PKB Ungkap Penyebab Pelayanan Haji Tak Efektif
Anggota Komisi VIII DPR RI, Maman Imanul Haq. FOTO: JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Anggota Komisi VIII DPR RI, Maman Imanul Haq menyatakan birokrasi yang tidak efektif masih menjadi kendala dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun 2016. Seharusnya, menurut Maman, kendala birokrasi ini tak lagi muncul karena sudah kerap terjadi.

"Catatan saya, birokrasi yang tidak efektif di jajaran penyelenggara haji masih jadi kendala di musim haji tahun ini," kata Maman, saat dihubungi wartawan, Selasa (9/8).

Menurut politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini, seharusnya masalah teknis yang ada di Arab Saudi bisa diselesaikan secara mandiri tanpa menunggu persetujuan dari Kementerian Agama di Jakarta.

Karena itu, wakil rakyat dari daerah pemilihan Jawa Barat IX ini meminta seluruh petugas haji harus melaksanakan regulasi dengan baik. Pola komunikasi ujarnya, harus melayani jamaah sehingga kendala birokratif dan komunikasi tidak terjadi lagi.

"Dalam Undang-Undang tentang Haji, Kementerian Agama harus memberikan pelayanan yang baik. Kalau itu tidak dipenuhi, DPR kembali melayangkan protes kepada Kementerian Agama,” pungkasnya.(fas/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News