Rusia: Bertumpu Pemain Lokal

Rusia: Bertumpu Pemain Lokal
Rusia yakin bisa lolos dari fase grup. FOTO: Dok. prothom-alo.com

jpnn.com - PELATIH timnas Rusia, Leonid Slutsky, percaya diri anak-anak asuhnya bisa bersaing di grup berat. Meski mengandalkan sebagian besar pemain lokal, Slutsky yakin timnya bisa lolos dari fase grup.

Rusia memang bertumpu pada pemain yang bermain di kompetisi negara sendiri. Beruang Merah - julukan Rusia, hanya diperkuat satu pemain yang berkompetisi di luar Rusia yakni Roman Neustaeder. Bek yang sebelumnya pernah membela timnas Jerman dalam laga persahabatan itu bermain bersama FC Schalke 04. 

Meski begitu, bukan berarti Rusia akan mudah dikalahkan Inggris, Wales, dan Slovakia di Grup B. Semenjak ditukangi Slutsky, permainan Rusia menjadi lebih bernyawa. Dia menangani tim dengan cara lebih kalem dan membiarkan para pemain berkreasi sendiri di lapangan. 

Slutsky sendiri menukangi Rusia sejak 7 Agustus 2015 menggantikan Fabio Capello yang dilengserkan. Dia menjadi pelatih lokal pertama yang menukangi timnas Rusia sejak 2006.

Pelatih yang juga mengarsiteki CSKA Moskva tersebut memiliki ambisi bisa ke final turnamen Euro. Maklum saja, Rusia memiliki embrio juara di turnamen ini. Saat masih bernama Uni Soviet, pernah juara pada Euro edisi pertama tahun 1960. Mereka kemudian mampu melangkah ke final pada 1964, 1972, dan 1988 meski akhirnya kalah. 

Setelah Uni Soviet bubar dan menjadi beberapa negara merdika, Rusia sebenarnya tetap menyimpan kekuatan besar. Prestasi terbaik Rusia adalah melaju ke semifinal di Euro 2008. Mereka kandas di tangan Spanyol yang akhirnya menjadi juara. (epr/JPNN)

Tahukah Anda? 
Aleksandr Kerzhakov tercatat sebagai top skorer sepanjang masa Rusia semenjak Uni Soviet bubar. Dia melewati Vladimir Beschastnykh pada 3 September 2014.

RUSIA
Tampil di Putaran Final Euro:
1996, 2004, 2008, 2012, 2016 (semenjak Uni Soviet bubar)
Prestasi Terbaik di Euro: Semifinal (2008) 
Pelatih: Leonid Slutsky
Kapten: Roman Shirokov
Daftar Pemain 
Kiper: Igor Akinfeev (CSKA Moscow), Guilherme (Lokomotiv Moscow), Yuri Lodygin (Zenit St. Petersburg)
Belakang: Alexei Berezutsky (CSKA Moscow), Vasily Berezutsky (CSKA Moscow), Sergei Ignashevich (CSKA Moscow), Dmitry Kombarov (Spartak Moscow), Roman Neustadter (Schalke), Georgy Shchennikov (CSKA Moscow), Roman Shishkin (Lokomotiv Moscow), Igor Smolnikov (Zenit St Petersburg)
Tengah: Igor Denisov (Dynamo Moscow), Denis Glushakov (Spartak Moscow), Alexander Golovin (CSKA Moscow), Oleg Ivanov (Terek Grozny), Pavel Mamaev (Krasnodar), Alexander Samedov (Lokomotiv Moscow), Oleg Shatov (Zenit St Petersburg), Roman Shirokov (CSKA Moscow), Dmitri Torbinski (Krasnodar)
Depan: Artyom Dzyuba (Zenit St Petersburg), Alexander Kokorin (Zenit St Petersburg), Fyodor Smolov (Krasnodar)

PELATIH timnas Rusia, Leonid Slutsky, percaya diri anak-anak asuhnya bisa bersaing di grup berat. Meski mengandalkan sebagian besar pemain lokal,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News