Upaya 'Merangkul' Jepang Kembali

Upaya 'Merangkul' Jepang Kembali
JUMPA LAGI - Yukio Hatoyama dan Barack Obama saat berpose berdua di KTT G-20 di Pittsburgh, AS, beberapa waktu lalu. Foto: Reuters.
TOKYO - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama memulai lawatan sepekannya ke Asia. Terhitung sejak Jumat (13/11) kemarin, ia pun sudah tiba di Jepang. Dalam lawatan pertamanya ke Asia sebagai kepala negara tersebut, pemimpin berusia 48 tahun itu dijadwalkan mengunjungi empat negara, masing-masing yakni Jepang, Singapura, Tiongkok dan Korea Selatan (Korsel).

Jepang menjadi prioritas Obama dalam kunjungannya kali ini. Pasalnya, Perdana Menteri (PM) Yukio Hatoyama yang baru menjabat 16 September lalu, disebutkan berniat lepas dari bayang-bayang AS. Tapi, dia menegaskan akan tetap menjalin hubungan baik dengan Washington. Oleh karena itulah, Obama berusaha keras merekatkan kembali hubungan kedua negara yang sangat harmonis saat AS dipimpin George W Bush tersebut.

Begitu mendarat, Obama langsung mengadakan pertemuan dengan Hatoyama di ibukota. Dalam kesempatan itu, Hatoyama menegaskan kepada orang nomor satu Gedung Putih itu bahwa Jepang tidak akan lagi memperpanjang misi pengisian bahan bakar di Samudra India. Selama ini, lewat misi tersebut, Jepang mendukung pasukan AS yang bertugas di Afghanistan.

"Kendati demikian, kami akan tetap mengucurkan bantuan ke Afghanistan untuk kepentingan sipil. Di antaranya (berupa) sekolah (pendidikan), pertanian dan kepolisian," terang Hatoyama dalam jumpa pers bersama Obama seperti dikutip Associated Press. Pemimpin berusia 62 tahun tersebut juga berjanji untuk memberikan dukungan penuh kepada Washington dalam kampanye perubahan iklim dan proliferasi nuklir.

TOKYO - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama memulai lawatan sepekannya ke Asia. Terhitung sejak Jumat (13/11) kemarin, ia pun sudah tiba di

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News