Wales: Bukan Hanya Gareth Bale

Wales: Bukan Hanya Gareth Bale
Wales baru pertama kali ini tampil di putaran final Euro. FOTO: AFP

jpnn.com - PELATIH timnas Wales, Chris Coleman, menolak anggapan bahwa timnya hanya mengandalkan Gareth Bale saja. Dia menyebut ada banyak pemain lain yang bisa tampil apik selain bintang Real Madrid tersebut. 

Penegasan Coleman tersebut sekaligus mengingatkan kepada calon lawan di Grup B bahwa Wales tak bergantung pada Bale saja. Artinya, ketika Bale mendapat kawalan ketat lawan, masih ada pemain lain yang bisa menjadi pemecah kebuntuan. 

Bale memang memiliki peran besar terhadap kelolosan Wales ke Euro 2016. Untuk pertama kali dalam sejarah, The Dragons - julukan Wales, bisa tampil di putaran final Euro. Di babak kualifikasi, Bale mampu mengemas 7 gol dan menjadi top skorer Wales.

Meski baru pertama kali lolos ke putaran final Euro, Wales pernah mencicipi tampil di turnamen yang lebih besar yakni Piala Dunia. Itu terjadi pada 1958 di Swedia. Hebatnya, Wales mampu lolos hingga perempat final. 

Bukan tidak mungkin Wales bisa mengejutkan seperti di Piala Dunia 1958. Negara yang dulu kerap menjadi lumbung gol setiap babak kualifikasi, kini punya kesempatan yang sama dengan Inggris, Rusia, dan Slovakia untuk lolos dari fase grup. 

Nama-nama pemain Wales memang kurang familiar selain Bale. Tapi, Coleman masih memiliki Aaron Ramsey (Arsenal) dan Joe Allen (Liverpool). Keduanya bisa memberikan kontribusi maksimal bersama Bale. Di babak kualifikasi Wales bisa mengalahkan tim kuat Belgia. Berdasar itu, mereka bisa melakukan hal yang sama saat melawan Inggris, Rusia, dan Slovakia. (epr/JPNN)  

Tahukah Anda? 
Wales menjadi negara ketiga yang memainkan pertandingan resmi internasional pertama. Itu terjadi pada 25 Maret 1876 saat kalah 0-4 dari Skotlandia. Skuat Wales sepenuhnya pemain amatir. Profesi beberapa pemain adalah pengacara, pedagang kayu, tentara, tukang batu, penambang, dan pembuat cerobong asap.

WALES
Tampil di Putaran Final Euro:
2016
Prestasi Terbaik di Euro: -
Pelatih: Chris Coleman
Kapten: Ashley Williams
Daftar Pemain
Kiper:
Wayne Hennessey (Crystal Palace), Danny Ward (Liverpool), Owain Fon Williams (Inverness).
Belakang: Ben Davies (Tottenham), Neil Taylor (Swansea), Chris Gunter (Reading), Ashley Williams (Swansea), James Chester (West Brom), Ashley Richards (Fulham), James Collins (West Ham).
Tengah: Aaron Ramsey (Arsenal), Joe Ledley (Crystal Palace), David Vaughan (Nottingham Forest), Joe Allen (Liverpool), David Cotterill (Birmingham), Jonathan Williams (Crystal Palace), George Williams (Fulham), Andy King (Leicester), Dave Edwards (Wolves).
Depan: Gareth Bale (Real Madrid), Hal Robson-Kanu (Reading), Sam Vokes (Burnley), Simon Church (Nottingham Forest).


PELATIH timnas Wales, Chris Coleman, menolak anggapan bahwa timnya hanya mengandalkan Gareth Bale saja. Dia menyebut ada banyak pemain lain yang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News