Amdal Tuntas, Semen Gresik Kebut Pabrik Baru

Amdal Tuntas, Semen Gresik Kebut Pabrik Baru
Amdal Tuntas, Semen Gresik Kebut Pabrik Baru
JAKARTA - Sempat mendapat penolakan warga, proses pembangunan pabrik PT Semen Gresik Tbk (SG) di Pati, Jateng, akan dikebut. Hal itu seiring tuntasnya proses kajian analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal) oleh Pusat Penelitian Lingkungan Hidup Lembaga Penelitian Universitas Diponegoro (Undip) Semarang.

Kepala Divisi Komunikasi SG Saifuddin Zuhri menyebut, proyek yang dibangun guna meningkatkan kapasitas produksi itu dinilai layak bersyarat dalam kajian Amdal oleh Undip. ''Sekitar 90 persen hasil Amdal sudah kelihatan. Semoga bisa selesai dengan baik,'' ujarnya di Jakarta, Selasa (2/12).

Menurut dia, pihaknya akan merealisasikan semua rekomendasi tersebut agar pembangunan pabrik kelak tidak menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan. Hasil kajian Amdal Undip menyebut, SG masih harus melaksanakan rencana pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup (RKL dan RPL).

Menurut Ketua PPLH Undip Prof Supriharyono MS, proyek itu tetap akan menimbulkan dampak pada lingkungan. ''Tapi, tidak sampai mengakibatkan perubahan skala kualitas lingkungan hidup,'' ujarnya.

JAKARTA - Sempat mendapat penolakan warga, proses pembangunan pabrik PT Semen Gresik Tbk (SG) di Pati, Jateng, akan dikebut. Hal itu seiring tuntasnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News