Dahlan Iskan Targetkan Indonesia 9 Besar Dunia

Dahlan Iskan Targetkan Indonesia 9 Besar Dunia
Dahlan Iskan Targetkan Indonesia 9 Besar Dunia

jpnn.com - JAKARTA - Usai mengikuti proses prakonvensi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengemukakan tiga hal pokok yang akan ia lakukan. Cara ini disebutnya sebagai visi untuk memajukan Indonesia ke arah yang lebih baik.

"Pertama, saya ingin Indonesia menjadi negara besar dalam waktu lima tahun dengan PDB (produk domestik bruto), paling tidak 2 ribu billion dollar AS. Kalau itu terwujud, Indonesia bisa menjadi negara terbesar nomor sembilan di dunia, mengalahkan ekonomi Meksiko dan Spanyol," ungkap Dahlan di Wisma Kodel, Kuningan, Jakarta, Kamis (29/8).

Kedua, Dahlan ingin menggenjot tingkat kesejahteraan masyarakat, mengurangi kesenjangan. Untuk urusan ini, peringkat Indonesia di level dunia masih buruk, dengan indeks 4,2.  "Kalau bisa turun dari 4,2 menjadi 3,7 atau sampai 3,5. Itu nanti, pemerataan akan terlihat dengan baik," tuturnya.

Yang ketiga, Dahlan ingin memajukan perekonomian Indonesia agar dapat menyaingi negara lain lewat Millenium Development Goals (MDG's). Setidaknya dari urutan 122 naik menjadi urutan ke 70.

"MDG's kita ini sekarang di bawah Vietnam. Dulu kita pernah di atas Vietnam, sekarang kita di urutan 122 dan Vietnam sudah 75," terangnya.

Agar hal itu terwujud, sejak jauh hari bekas Dirut PLN ini telah menghubungi pihak-pihak terkait.

"Saya sudah kontak beberapa pihak di bidang MDG's bahwa kita harus meningkatkan kualitas manusia kita. Sehingga kita sudah kembali di urutan 70. Ini sesuatu yang ingin dicapai Indonesia," tutup pria berusia 62 tahun ini. (chi/jpnn)

 


JAKARTA - Usai mengikuti proses prakonvensi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengemukakan tiga hal pokok yang akan ia lakukan.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News