Dalami Dugaan WNI Gabung ISIS, Polri Koordinasi dengan BIN

Dalami Dugaan WNI Gabung ISIS, Polri Koordinasi dengan BIN
Dalami Dugaan WNI Gabung ISIS, Polri Koordinasi dengan BIN

jpnn.com - JAKARTA - Polisi masih mendalami “menghilangnya” 16 Warga Negara Indonesia (WNI) yang melakukan tur ke Turki. Kuat dugaan mereka bergabung dengan ISIS. Kabag Penerangan Umum Polri Kombes Rikwanto menegaskan polisi masih mendalami alasan mereka memisahkan diri dari travel di Turki yang memang berbatasan langsung dengan Suriah.

“Memang dugaan kuatnya mereka bergabung dengan ISIS," ungkap Rikwanto di Mabes Polri, Senin (9/3).

Dia menegaskan, Polri juga tengah berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait. Seperti imigrasi, Badan Intelijen Negara (BIN), pihak travel dan lainnya. Karenanya, kata Rikwanto, dugaan mereka bergabung dengan ISIS terus didalami. "Masih dugaan saja," katanya.

Dia mengatakan, dari penelusuran awal memang benar bahwa 16 WNI itu berangkat ke Turki dalam rangka tur. "Jadi semua administrasi sementara ini benar, mereka memang tur," ujar mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya ini.

Sebelumnya, Ketua Pusat Studi Politik dan Keamanan Universitas Padjadjaran Bandung, Muradi menduga program tur ke Turki menjadi modus baru untuk bergabung dengan ISIS. Dugaan itu semakin kuat dengan hilangnya 16 WNI yang mengikuti program tur ke Turki.

"Memanfaatkan tour travel dan kelonggaran memasuki negara yang berbatasan langsung dengan Irak dan Suriah, merupakan modus baru WNI bergabung dengan ISIS," kata Muradi, Minggu (8/3). (boy/jpnn)


JAKARTA - Polisi masih mendalami “menghilangnya” 16 Warga Negara Indonesia (WNI) yang melakukan tur ke Turki. Kuat dugaan mereka bergabung


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News