Dewan Pendidikan di Daerah Belum Optimal

Dewan Pendidikan di Daerah Belum Optimal
Dewan Pendidikan di Daerah Belum Optimal
JAKARTA – Dewan Pendidikan yang ada di setiap kabupaten dan kota dinilai belum bekerja secara optimal untuk mengawasi Komite Sekolah. Banyak keluhan dari masyarakat yang tidak tersampaikan. Bahkan, kecenderungan Dewan Pendidikan selalu mengikuti keinginan Komite Pendidikan.

Wakil Menteri Pendidikan Nasional Fasli Jalal mengatakan, Dewan Pendidikan seharusnya berperan melakukan pengawasan terhadap Komite Sekolah. Tapi, Dewan Pendidikan belum menunjukkan perannya melakukan pengawasan terhadap sekolah dan dunia pendidikan di daerah. Padahal mendapat block grant dari pemerintah.

’’Dewan Pendidikan harus memantau dan memastikan Komite Sekolah berperan dan menjalankan fungsi dengan transparan. Dewan Pendidikan bisa melakukan pengawasan dan evaluasi kinerja dan tata cara pemilihan pengurus Komite Sekolah,’’ kata Fasli di Jakarta kemarin (14/10).

Menurut mantan Dirjen Dikti ini, tugas Dewan Pendidikan adalah mewadahi peran serta masyarakat dalam rangka meningkatkan mutu, pemerataan, dan efisiensi pengelolaan pendidikan di daerah. Anggotanya terdiri atas kalangan guru dan masyarakat yang peduli pendidikan. Dewan Pendidikan merupakan badan yang independen, tidak mempunyai hubungan hierarkis dengan Dinas Pendidikan kabupaten maupun dengan lembaga-lembaga pemerintah lainnya. (cdl)


JAKARTA – Dewan Pendidikan yang ada di setiap kabupaten dan kota dinilai belum bekerja secara optimal untuk mengawasi Komite Sekolah. Banyak


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News