Dianggap Rapuh, Italia Tetap Optimis

Dianggap Rapuh, Italia Tetap Optimis
YAKIN - Pelatih timnas Italia, Marcello Lippi, berbicara sambil memberikan petunjuk kepada para pemainnya, dalam sebuah sesi latihan di Coverciano, dekat Florence, Italia, awal Maret lalu. Foto: Reuters/Alessandro Bianchi.
ROMA - Tim Azzurri Italia, selain merupakan tim dengan reputasi besar, adalah juara bertahan alias pemegang trofi Piala Dunia (PD) 2006. Mereka juga sepanjang tahun lalu, dalam kualifikasi menuju PD 2010, sebenarnya tampil cukup impresif dan tak terkalahkan. Hanya saja, banyak pihak - termasuk para fans Italia sendiri - saat ini meragukan kekuatan tim yang kini dilatih oleh Marcello Lippi itu.

Yang banyak menjadi sorotan, sebagaimana ditulis Reuters, Kamis (20/5), adalah keberadaan para pemain eks-skuad Italia di PD 2006 lalu yang kini beranjak tua. Banyak di antara mereka kini dipandang semakin melemah dan tak bisa tampil sebaik biasanya lagi. Sementara itu, para pemain muda di Serie A Italia sendiri tidak banyak, serta masih berkualitas rata-rata. Hal ini diyakini membuat Lippi kesulitan menemukan perpaduan ideal kekuatan senior dengan pemain mudanya.

Kendati demikian, nyatanya hingga selang beberapa pekan menjelang pesta dunia sepakbola yang akan digelar di Afsel sepanjang 11 Juni hingga 11 Juli depan itu, Lippi mengaku tenang-tenang saja. Ia bahkan mengaku kini tengah bersemangat menantikan datangnya ajang tersebut. "Saya tak sabar menantikan datangnya situasi penuh emosi itu. Saya tak bisa menunggu rasanya, untuk menatap mata para pemain asuhanku," ucap pelatih berusia 62 tahun tersebut.

Faktanya, sejauh ini daftar tetap pemain inti (starting line-up) Italia masih belum bisa dipastikan, dengan Lippi yang masih saja mencoba berbagai kombinasi pemain. Gianluigi Buffon diprediksi masih bakal jadi kiper pilihan utama, namun cedera dan buruknya penampilan Juventus di Serie A diyakini telah menurunkan kepercayaan dirinya. Sementara di depan, selain Alberto Gilardino yang hampir pasti, pasangan tetapnya masih belum jelas siapa - apakah Vincenzo Iaquinta, Antonio Di Natale atau yang lain.

ROMA - Tim Azzurri Italia, selain merupakan tim dengan reputasi besar, adalah juara bertahan alias pemegang trofi Piala Dunia (PD) 2006. Mereka juga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News