Kembali Cetak Gol Telat, Payet Samai Pencapaian Platini dan Henry

Kembali Cetak Gol Telat, Payet Samai Pencapaian Platini dan Henry
Dimitri Payet samai pencapaian yang ditorehkan Michel Platini dan Thierry Henry. FOTO: AFP

jpnn.com - MARSEILLE - Dimitri Payet kembali menunjukkan tajinya pada menit-menit akhir. Golnya pada menit ke-6 masa injury time membuat Prancis menang 2-0 atas Albania, Kamis (16/6) dini hari WIB. 

Itu merupakan gol kedua Payet di Euro 2016 dari dua laga awal fase grup. Dia pun mampu menyamai pencapaian dua legenda Les Bleus yakni Michel Platini dan Thierry Henry. 

Sebelum Payet, Platini dan Henry tercatat sebagai pemain Les Bleus - julukan timnas Prancis, yang berhasil selalu mencetak gol dalam dua laga awal fase grup. 

Platini melakukannya di Euro 1984. Bahkan, dia selalu mencetak gol di fase grup hingga partai final. Prancis diantarkannya juara. 

Sementara itu, Henry melakukannya di fase grup Euro 2000. Dia mencetak masing-masing satu gol saat Prancis menang 3-0 atas Denmark dan ketika menang 2-1 atas Rep. Cheska. 

Menariknya, ketika ada pemainnya yang selalu mencetak gol di dua laga awal fase grup, Prancis selalu juara. Platini melakukannya pada 1984 dan Les Bleus juara. Henry pada 2000 dan Prancis juga juara. Apakah ini berarti Les Bleus kembali juara? Terkadang faktor nonteknis seperti itu bisa memengaruhi. 

Terlebih, fenomena pemain Prancis selalu mencetak gol dalam dua laga awal fase grup di putaran final Euro terjadi dalam siklus 16 tahun. Pertama pada 1984 dan Prancis juara, kedua pada 2000 setelah 16 tahun dan Prancis juga juara, kini setelah 16 tahun pemain Les Bleus selalu mencetak gol di dual laga awal kembali terjadi. Jika mengacu siklus, berarti Les Bleus akan juara Euro 2016. 

Terlepas dari itu, Payet juga mencetak rekor lain. Golnya pada menit ke-6 masa injury time saat melawan Albania menjadi gol paling telat sepanjang sejarah putaran final Piala Eropa. (epr/JPNN)


MARSEILLE - Dimitri Payet kembali menunjukkan tajinya pada menit-menit akhir. Golnya pada menit ke-6 masa injury time membuat Prancis menang 2-0


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News