Klaim nih... Katanya Kementan Program SPR Sukses Diterapkan di Daerah Ini

Klaim nih... Katanya Kementan Program SPR Sukses Diterapkan di Daerah Ini
Ilustrasi Peternakan/ Radar Lampung

jpnn.com - JAKARTA- Kementerian Pertanian mengklaim program Sentra Peternakan Rakyat (SPR) sukses diterapkan di sejumlah daerah. Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementan Muladno  mengungkapkan, program SPR sudah diuji coba di 11 titik lokasi yaitu Sumatera Selatan, Jawa Timur, dan Kalimantan Selatan. 

"Uji coba ini telah sukses dilaksanakan dan akan direplikasi di beberapa daerah," ujar Muladno di Jakarta, Rabu (6/1).

Rencananya, Ditjen PKH tahun ini akan membentuk 50 titik SPR yang melibatkan kurang lebih 25 ribu RTP. Sebagai tindaklanjut, Ditjen PKH akan melakukan rekrutmen manajer di 50 lokasi SPR yang akan menjadi target di tahun 2016. 

"Saat ini kami telah merekrut dan melatih 50 Gugus Perwakilan Pemilik Ternak (GPPT) untuk melakukan koordinasi pelaksanaan kegiatan pada 2016," terangnya.

‎Muladno menjelaskan, SPR merupakan program yang ditujukan untuk melakukan penataan ternak sekaligus peternak. Program ini memiliki tujuan yaitu mewujudkan usaha peternakan rakyat dalam suatu perusahaan kolektif yang dikelola dalam satu manajemen, meningkatkan daya saing usaha peternakan melalui peningkatan pengetahuan, kesadaran, dan penguatan keterampilan peternakan rakyat.

"Program ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan peternak rakyat, dan meningkatkan kemudahan pelayanan teknis dan ekonomis bagi peternak rakyat," tandas Muladno.‎ (esy/jpnn)


JAKARTA- ‎Kementerian Pertanian mengklaim program Sentra Peternakan Rakyat (SPR) sukses diterapkan di sejumlah daerah. Dirjen Peternakan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News