KY Seleksi Ketat Calon Hakim Agung

KY Seleksi Ketat Calon Hakim Agung
KY Seleksi Ketat Calon Hakim Agung
JAKARTA - Ketua Komisi Yudisial (KY) Busyro Muqodas menegaskan pihak KY telah melakukan semua mekanisme dan proses yang berlaku untuk menyeleksi semua semua bakal calon Hakim Agung sebelum menyerahkan 18 nama calon hakim agung yang akan dipilih komisi III DPR RI.

”Komisi Yudisial telah melakukan seleksi dengan mekanisme yang cukup ketat yang dimulai dengan mempublikasikan calon-calon tersebut lewat media agar masyarakat tahu persis calon-calon hakim tersebut,” tegas Busyro dalam diskusi bertajuk Pijakan Etika Dalam Kepemimpinan Politik di Gedung DPD, Jakarta, Rabu (15/10).

Setelah proses publikasi, lanjutnya, KY melanjutkan tahap berikutnya berupa menugaskan jejaring-jejaring yang dimiliki oleh KY di seluruh Indonesia seperti perguruan tinggi, lsm dan ormas untuk menampung berbagai masukan.

"Setelah itu, KY melakukan investigasi langsung ke rumah dan keluarga para calon hakim agung tersebut dan mendatangi tetangga-tetangganya dan lingkungan tempat kerjanya. Kita pun mengklarifikasi data dan informasi yang kita dapatkan itu ke si calon yang bersangkutan,” tambahnya.

JAKARTA - Ketua Komisi Yudisial (KY) Busyro Muqodas menegaskan pihak KY telah melakukan semua mekanisme dan proses yang berlaku untuk menyeleksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News