Omicron

Oleh: Dhimam Abror Djuraid

Omicron
Ilustrasi. Varian Omicron masuk ke Indonesia. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Virus mutasi baru Omicron akhirnya masuk juga ke Indonesia. Pemerintah akhirnya mengakui varian virus itu sudah masuk, setelah sebulan terakhir menjadi spekulasi.

Semua sudah mafhum bahwa Omicron ini enam kali atau sepuluh kali lebih ganas dari varian Covid-19 yang selama ini ada. Di Eropa dan Amerika penularan varian ini menjadi ‘’outbreak’’ yang merentak dengan sangat cepat.

Kondisinya seperti balik lagi ke periode Juni-Juli 2021 ketika varian Delta menyebar cepat tak terkendali.

Serangan Omicron membuyarkan harapan yang sebelumnya muncul bahwa akhir tahun ini akan menjadi akhir pagebluk yang sudah membelenggu dunia sejak dua tahun terakhir.

Manusia yang sudah terpenjara di rumahnya sendiri selama dua tahun akhirnya kehilangan kesabaran, ingin segera bebas. Namun, tidak dinyana, ternyata Omicron muncul membuyarkan semua harapan.

Akhir tahun adalah ‘’festive session’’ untuk bergembira di Eropa. Kemunculan Omicron membuat pesta-pesta ditunda dan dibatalkan. Liga sepak bola Eropa yang menjadi tontonan paling digemari publik dihentikan dan ditunda.

Di Inggris, sedikitnya lima pertandingan ditunda karena para pemain tertulari Omicron.

Klub-klub besar seperti Manchester United, Liverpool, Tottenham Hotspur, dan Chelsea, memutuskan menghentikan latihan karena virus menular dengan sangat cepat di tempat latihan.

Kita harus bersiap-siap menerima kedatangan Omicron dengan segala risiko terburuknya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News