Pascaperjalanan Jauh, Jangan Lupa Periksa AC Mobil

Pascaperjalanan Jauh, Jangan Lupa Periksa AC Mobil
Ilustrasi kabin Suzuki Ertiga terbaru. Foto: Ridha/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Salah satu sistem penting untuk memberikan kenyamanan bagi pengendara dan penumpang di mobil ialah pendingin kabin (AC). Apalagi setelah perjalanan jauh, menjaga sistem AC tetap bersih dan dingin tentu menjadi keharusan.

Menurut penuturan Koordinator Service Manager PT Suzuki Indomobil Sales, Santoso mengatakan, sebaiknya sistem pengdingin kabin pun juga ikut dilakukan pengecekan. Terutama terkait kebersihannya.

BACA JUGA: Begini Cara Perawatan AC Mobil agar Tetap Dingin

"Kalau kami biasanya cek dulu tingkat dinginya seperti apa dulu. Kemudian filter AC juga dilihat kotor atau tidak," lanjut Santoso kepada JPNN.com beberapa waktu lalu.

Kemudian, kata Santoso, jangan lupa juga periksa freon dan membersihkan bagian evaporator, biasanya kotoran menumpuk di daerah tersebut.

"AC itu kan sifatnya sirkulasi udara di dalam kabin. Apalagi pemudik biasanya banyak yang makan di dalam mobil. Hawa baunya juga pasti terasa. Udah gitu ditambah macet dan panas. Belum lagi yang melewati jalan berdebu, tanah atau pasir. Kalau udah seperti itu, kami sarankan servis ac ringan," imbaunya. (mg9/jpnn)

Salah satu sistem penting untuk memberikan kenyamanan bagi pengendara dan penumpang di mobil ialah pendingin kabin (AC). Apalagi setelah perjalanan jauh, menjaga sistem AC tetap bersih dan dingin tentu menjadi keharusan.


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News