Pasukan Syria makin Brutal

Pasukan Syria makin Brutal
Pasukan Syria makin Brutal
BEIRUT – Sorotan dunia internasional ke Syria tak membuat pasukan pemerintah berhenti merepresi oposisi. Sebaliknya, militer yang loyal terhadap Presiden Bashar al-Assad itu malah tambah brutal membungkam suara para demonstran prodemokrasi. Rabu (11/5), desing senapan dan dentum meriam mengguncang Kota Homs.

Belakangan, kota yang terletak di wilayah tengah Syria itu menjadi sarang oposisi. Berbagai aksi protes anti-Bashar dilancarkan dari kota berpenduduk 100.000 jiwa tersebut. Maka, kota yang didominasi suku Bedouins tersebut menjadi target utama represi pemerintah terhadap oposisi sejak awal pekan. Warga sipil yang tak terlibat dalam aksi protes pun ketakutan.

”Sejak tadi malam sampai pagi ini, suara ledakan dan desing senapan otomatis tak berhenti. Seluruh kota terkepung. Kami dihujani tembakan,” kata seorang penduduk Homs saat menelepon Associated Press kemarin. Bukan hanya Homs, tiga kota lain yang juga terletak di kawasan Bab Amr pun tak luput dari serangan pasukan pemerintah. Ketiganya adalah Kota Mashada, Jobar dan Sultanya.

Selain senapan otomatis dan meriam, pasukan pemerintah juga mengerahkan sejumlah tank dan kendaraan tempur untuk mendukung serangan kemarin. Seorang saksi mata mengatakan bahwa tidak kurang dari 50 tank telah disiagakan di kawasan Sittin yang masuk wilayah Homs sejak awal pekan. Kemarin pagi, kendaraan-kendaraan lapis baja itu mulai bergerak ke arah kota.

BEIRUT – Sorotan dunia internasional ke Syria tak membuat pasukan pemerintah berhenti merepresi oposisi. Sebaliknya, militer yang loyal terhadap

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News