Pemerintah Mengklaim Inflasi Tetap Bisa Dikendalikan

Pemerintah Mengklaim Inflasi Tetap Bisa Dikendalikan
Pemerintah Mengklaim Inflasi Tetap Bisa Dikendalikan
JAKARTA - Pemerintah akan terus mengendalikan inflasi untuk tidak bergerak terlalu tinggi, meskipun efek psikologis kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) sudah terasa.

"Kita tetap mengharapkan inflasi terkendali seperti sebelum adanya asumsi naiknya BBM, kan kalau di APBNP 6,8 persen itu kalau ada asumsi BBM naik tapi listrik tidak naik. Intinya kita akan memanage inflasi dengan baik,"ujar Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Radjasa di Jakarta, Senin (2/4).

Untuk menetralkan kembali harga-harga di pasar, sambungnya operasi pasar dilakukan pada daerah-daerah yang memang mengalami kenaikan harga. Namun, untuk harga pangan khususnya beras saat ini mengalami penurunan harga. "Kalau cabai tidak ada kaitannya dengan BBM, tiap musim hujan dia (cabai) naik dan tiap tahun begitu,"imbuhnya.

Seperti diketahui, Badan Pusat Statistisk (BPS) mencatatan cabai rawit dan cabai merah sebagai faktor adanya inflasi pada bulan Maret ini. Sedangkan untuk beras sendiri pada bulan Maret menjadi salah satu faktor yang menghambat inflasi. (naa/jpnn)

JAKARTA - Pemerintah akan terus mengendalikan inflasi untuk tidak bergerak terlalu tinggi, meskipun efek psikologis kenaikan harga bahan bakar minyak


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News